Sabtu, 21 Juni 2008

The Polar Express

Menghibur, lucu, hidup, dan menyentuh. Mungkin kata-kata singkat ini yang bisa mendekripsikan secara sekilas film kartun animasi ini. Dibuat melalui teknologi canggih CGI hingga dibuat detail dan semirip aslinya membuat mata penonton serasa dimanjakan. Simak, betapa halusnya surai rambutnya, gerakan, baju, pakaian, desir angin, kepak sayap elang, kristal salju yang bertaburan, nyala api, bahkan ekspresi serta kerlip cahaya mata yang memantul indah. Menurut literatur, teknologi animasi ini menggunakan model riil manusia yang nantinya masuk sebagai blue print untuk kemudian ditiru oleh CGI.

Menampilkan tema klasik tentang natal, film ini berusaha menampilkan melalui sudut pandang lain. Yakni tentang anak-anak yang tidak percaya akan adanya Santa Clause sehingga dalam malam menjelang kudus itu, mereka dijemput oleh kereta ekspress menuju kutub untuk membuktikan praduga mereka. Klise? Tema seperti ini cukup lumrah dan kerap kali diangkat. Namun, yang jelas ada nuansa berbeda ketika dialihkan dalam bentuk animasi manusia riil seperti ini. Ketika berusaha menyelamatkan temannya yang nakal di kereta, menjatuhkan tiket emas, berkeliling bersama hantu, mencoba menyelamatkan penghuni, hingga pertemuan aslinya dengan Santa Clause. Semua hal bercampur indah dalam kebersamaan, ikhlas, rela berkorban, dan kepercayaan. Ketika ia hanya meminta sebuah lonceng sebagai hadiah pertama natal tahun ini, Santa cukup terkejut. tapi terasa bijak ketika menerangkan makna simbolis lonceng tersebut.

Sekilas, film ini tak lebih dari sekadar menghibur dengan beberapa amanat yang terkandung. Namun, di mata saya selain terpesona oleh keindahan animasi manusia dan kecantikan ekspresi serta kerlingan mata yang memukau, saya ragu-ragu apakah seorang anak akan cukup kritis menelaah maksud dari film ini. Okelah, Polar cukup lancar bertutur tentang Santa Clause dan kepercayaan, tapi tak langsung hal ini akan menggiring pemikiran anak pada satu hal, percaya akan sesuatu yang memang tidak ada.

Tidak ada komentar: