Sabtu, 21 Juni 2008

Chicago



Hampir bisa dipastikan, film yang mengandalkan kekuatan gerak, drama, dan tari, plus musikal yang dipadukan dengan apik, apalagi berlatar kuat, pasti akan masuk penilaian nominasi Oscar. Bukan hanya terjadi pada Moulin Rouge yang sempat mencuri perhatian penikmat film dunia, melainkan juga Chicago, dan yang terbaru tahun 2007 ini, Dreamgirls.

Apakah ini berarti ada pergeseran selera juri maupun penonton dalam hal kualitas sebauh film? Tidak bisa dikatakan dan di-judge seperti itu. Namun, yang pasti memang film-film model seperti ini perlu skenario, penokohan, alur, musikalitas, plus jangan lupa tentang latar seting yang dramatis. Bisa berupa lokasi cerita, desain baju, atau hal-hal lain yang turut mendukung.

Chicago bercerita tentang kekelaman dunia pembunuhan, intrik pengacara, skandal, dan ambisi yang menjerat nurani. Menggondol 8 nominasi Oscar pada 2004 kemarin, film ini cukup lancar bertutur dengan dibuka adegan-adegan shot yang mendekripsikan suasana pada saat itu. Dan, semuanya menggunakan musik keren plus dukungan penari latar nan eksotis! Waw, menggoda mata.

Dibintangi dengan ciamik oleh bintang papan atas, Renee Zellwegger, Richard Gere, dan Catherine Zeta Jones melalui kedahsyatan oleh vokal, gerak, dan akting, tentunya, membuat film ini cukup bernas sebagai sebuah tontonan. Hm, sayang sekali walaupun Renee memang biasa bermain cantik, di sini aktingnya seperti kalah bersinar oleh Zeta Jones. Tak lupa, saya cukup terkesan dengan penampilan Queen Latifah. Wanita afro amerika ini sungguh fasih dengan gaya bicara hip hop dan rapp serta akting urakan yang senantiasa dilakonkannya. Enak sekali mengikuti akting wanita yang juga sebagai penyanyi ini. Lumayan menghibur.

Namun tak boleh dilupakan akting dingin Gere yang cukup meluluhkan wanita manapun. Seperti biasa, ia tampil cool, karismatik, dan flamboyan. Tapi, di mataku aktingnya terlihat standar. Yang bagus, justru Zeta Jones. Tatapan tajamnya sangat menggoda. Ia berhasil menggondol Oscar di sini sebagai Pemeran Pembantu Wanita Terbaik. Nice job for her!! Semoga di film-filmnya mendatang, ia berhasil mengeksplorasi lebih jauh kemampuan aktingnya. Jangan sampai terjebak dengan film drama ringan ala "No Reservations", dan sejenisnya.

Tidak ada komentar: